Pengumuman Seleksi JPTP Tahun 2018

PENGUMUMAN

Nomor: 01/PANSEL /MSJ/2018

 

TENTANG SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA (JPTP)

DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN MESUJI TAHUN 2018

 

Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) eselon II.b di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mesuji sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil serta merujuk Surat Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-560/KASN/03/2018 dengan ini panitia seleksi mengundang Pegawai Negeri Sipil se-Provinsi Lampung yang berminat dan telah memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri melalui seleksi terbuka untuk mengisi jabatan:

  1. Kepala Dinas Kesehatan
  2. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
  3. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata
  4. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
  5. Kepala Dinas Ketahanan Pangan

 

PERSYARATAN UMUM

  1. Berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung
  2. Pada saat pendaftaran berusia maksimal 56 tahun 0 bulan
  3. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan tim dokter dari Rumah Sakit Pemerintah
  4. Mendapat persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian
  5. Pendidikan minimal sarjana (S1/D4)
  6. Berpangkat minimal Pembina (Golongan IV/a) atau pejabat fungsional ahli madya / Lektor Kepala berpangkat minimal Pembina (Golongan IV/a)
  7. Pernah atau sedang menduduki Jabatan Administrator (Esselon III) sekurang-kurangnya 2 (dua) kali, sedangkan bagi pejabat fungsional sedang menduduki jabatan fungsional sekurang-kurangnya jenjang ahli madya / lektor kepala
  8. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik (dibuktikan dengan surat pernyataan)
  9. Tidak pernah menjalani hukuman pidana (dibuktikan dengan surat keterangan dari pengadilan)
  10. Tidak pernah/sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat (dikeluarkan oleh Inspektorat)
  11. Tidak terkena tuntutan ganti rugi kerugian negara (dikeluarkan oleh Inspektorat)
  12. Semua unsur Penilaian Prestasi Kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir
  13. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 4 s/d 19 April 2018 pukul 08.00 s/d 15.30 WIB
  14. Tata cara pendaftaran dan informasi selengkapnya dapat dilihat pada website mesujikab.go.id atau menghubungi Sekretariat Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Mesuji dengan alamat kantor badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Mesuji, No.Hp 082269667516 pada jam dan hari kerja
  15. Pendaftar dapat memilih paling banyak 2 (dua) OPD.

 

Seluruh Dokumen Persyaratan Administrasi disampaikan secara langsung sebanyak 2 (dua) rangkap dalam 1 (satu) amplop tertutup berwarna coklat ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Mesuji  d.a. Komplek Perkantoran Pemkab. Mesuji  Desa Wiralaga Mulya Kecamatan Mesuji dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut :

  1. Fotocopy Ijazah Terakhir (legalisir);
  2. Fotocopy SK Pangkat Terakhir (legalisir);
  3. Fotocopy SK Pengangkatan Dalam Jabatan Struktural/ Fungsional (legalisir);
  4. Fotocopy sertifikat Diklat Kepemimpinan yang pernah diikuti (legalisir);
  5. Fotocopy Penilaian Prestasi Kerja Pegawai 2016 dan 2017 (legalisir);
  6. Daftar Riwayat Hidup (format terlampir);
  7. Membuat Pakta Integritas (format terlampir);
  8. Sehat secara jasmani, rohani dan bebas narkoba berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan tim dokter dari Rumah Sakit Pemerintah (tes kesehatan dan kejiwaan);
  9. Tidak terkena tuntutan ganti rugi kerugian negara (dikeluarkan oleh Inspektorat);
  10. Surat Keterangan Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat (dikeluarkan oleh Inspektorat);
  11. Pas photo terbaru berwarna dengan latar belakang warna merah ukuran 4×6 cm sebanyak 4 (empat) lembar;
  12. Melampirkan pokok-pokok pikiran yang berkaitan dengan jabatan yang dituju dengan ketentuan diketik dikertas A4, menggunakan spasi 1,5 minimal 10 halaman, font Arial huruf 12 (sebanyak 5 rangkap), dengan sistematika penulisan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang;
  2. Tujuan Penulisan Pokok Pikiran.

BAB II GAMBARAN UMUM

  1. Gambaran Umum Kabupaten Mesuji ;
  2. Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Mesuji ;
  3. Isu Strategis Pembangunan di Kabupaten Mesuji .

BAB III POKOK PIKIRAN/RENCANA STRATEGIS

  1. Rumusan strategi, kebijakan dan program penjabaran Visi Misi Bupati Mesuji di tingkat OPD .
  2. Rencana Inovasi Daerah pada OPD terkait penerapan Reformasi Birokrasi
  3. Fungsi JPTP sebagai Pengguna Anggaran (Perencanaan Anggaran, Penatausahaan dan Pertanggungjawaban);
  4. Fungsi JPTP sebagai Pembina Aparatur OPD ;
  5. Upaya penerapan Azas Umum Pemerintahan Yang Baik (AUPB) dalam kerangka Administrasi Pemerintahan.
  6. Upaya Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah
  7. Program Peningkatan Mutu Pelayanan Publik.

BAB IV PENUTUP

 

TAHAPAN SELEKSI

  1. Tahap Seleksi Administrasi
  • Panitia Seleksi melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas administrasi sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.
  • Panitia Seleksi menetapkan dan mengumumkan calon peserta yang memenuhi persyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi selanjutnya.
  • Seleksi Administrasi menggunakan sistim gugur.

 

  1. Tahap Seleksi Kompetensi

Tahapan dalam seleksi kompetensi ini adalah:

  1. Pengisian Formulir Seleksi Kompetensi
  2. Assesmen Mandiri
  3. Ujian Tertulis
  4. Observasi Portofolio

 

  1. Tahap Wawancara Akhir
  • Wacancara dilakukan untuk mendalami pokok – pokok pikiran serta aspek peminatan, sikap, karakter dan motivasi JPTP dalam melaksanakan tugas dan fungsinya
  • Wawancara dilakukan dengan metode dialog, diskusi, dan kasus yang berkaitan dengan JPTP.

 

JADWAL PENDAFTARAN DAN SELEKSI

­­NO KEGIATAN TANGGAL
1 Rapat persiapan seleksi terbuka JPT Pratama Kabupaten Mesuji 27 Maret 2018
2 Konsultasi pelaksanaan seleksi terbuka ke KASN 29 Maret 2018
3 Persetujuan KASN 30 Maret 2018
4 Rapat persiapan seleksi terbuka antara Panitia Seleksi, Assessor dan Sekretariat Pansel 02 April 2018

 

5 Pengumuman seleksi terbuka JPT Pratama Kabupaten Mesuji 03 April 2018
6 Penerimaan berkas 04 April 2018
7 Penutupan penerimaan berkas 19 April 2018
8 Seleksi administrasi/penelitian berkas 19 April 2018
9 Penetapan hasil seleksi administrasi 19 April 2018
10 Pengumuman hasil seleksi administrasi 19 April 2018
11 Penjelasan tahapan seleksi oleh Pansel kepada peserta 20 April 2018
12 Seleksi Kompetensi 23-24 April 2018
13 Penetapan hasil seleksi kompetensi 24 April 2018
14 Pengumuman hasil seleksi kompetensi 24 April 2018
15 Wawancara akhir 25 April 2018
16 Penetapan hasil seleksi terbuka (3 calon) 30 April 2018
17 Penyampaian 3 calon hasil seleksi terbuka kepada PPK 2 Mei 2018
18 Laporan ke KASN 2 Mei 2018

Catatan : Jadwal Kegiatan Sewaktu-waktu dapat berubah dan akan diumumkan melalui pemberitahuan lebih lanjut.

Ketentuan lain:

  1. Berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas yang sudah lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
  2. Bagi Pelamar yang tidak memenuhi syarat seleksi administrasi, berkas lamaran tidak dikembalikan menjadi arsip panitia seleksi;
  3. Surat lamaran beserta dokumen persyaratan administrasi disusun rapi dan diurutkan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, disampaikan secara langsung dalam 1 (satu) amplop tertutup berwarna coklat dan ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi pada hari dan jam kerja bertempat di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Mesuji ;
  4. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak tidak dapat diganggu gugat;
  5. Dalam seleksi ini peserta tidak dikenakan biaya atau pengutan dalam bentuk apapun;
  6. Apabila dikemudian hari diketahui pelamar memberikan data/keterangan tidak benar maka Panitia Seleksi berhak membatalkan hasil seleksi;
  7. Setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui papan pengumuman Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Mesuji atau website mesujikab.go.id.
  8. Setiap peserta seleksi yang dinyatakan berhak menduduki JPTP dilingkungan Kabupaten Mesuji akan mendapatkan fasilitas berupa kendaraan dinas (mobil) dan tambahan penghasilan yang dibayarkan setiap bulan.

 

Download:

Surat Resmi Pengumuman Seleksi JPTP Tahun 2018

Format Lampiran Surat Permohonan, Pakta Integritas, dan Surat Pernyataan