Jaga Keseimbangan Alam, Pemkab Mesuji Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan

Dalam rangka menjaga kelestarian alam, Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan penebaran (restocking) benih ikan di Sungai Kabung, Wiralaga.

Penebaran ikan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mesuji Yudhi Santoso, Camat Mesuji Iwan Rifai Harahap, dan beberapa pejabat lainnya, Selasa (08/12/2020).

Adapun benih ikan yang ditebar sebanyak 201.950 benih ikan tersebut terdiri atas 20.000 benih ikan jelabat, 10.000 benih ikan gabus, 10.000 benih ikan toman, 1.950 benih ikan belida, 100.000 benih ikan patin, dan 60.000 benih ikan baung.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin mengatakan kegiatan ini salah satu wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Mesuji bagi kelestarian alam dan peningkatan ekonomi masyarakat dan kemajuan di bidang perikanan, terlebih dengan potensi perikanan yang besar di Kabupaten Mesuji harus dioptimalkan dengan baik.

Dikatakannya, dalam rangka mendorong peningkatan gerakan konsumsi ikan yang tengah digencarkan beberapa tahun terakhir harus dibarengi dengan peningkatan produksi ikan, sekaligus harus berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Melalui kegiatan restocking ini diharapkan mampu mendukung keberlanjutan usaha-usaha perikanan dengan memperhatikan aspek ekologi, sosial, dan ekonomi di masa yang akan datang, pada akhirnya akan mewujudkan visi keberlanjutan sumber daya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Namun demikian, menurutnya juga diperlukan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian aliran sungai menjadi poin yang penting untuk dapat menjadikan perairan umum sebagai sumber perekonomian yang menyejahterakan masyarakat.

“Semoga melalui kegiatan yang kita laksanakan hari ini dapat berkontribusi terhadap menjaga keseimbangan ekosistem alam dan peningkatan produksi ikan di Kabupaten Mesuji,” ujarnya. (Prokompim/CS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *