Bupati Saply Resmikan Lembaga Pelatihan Kerja di Mesuji Timur

Bupati Mesuji Saply TH meresmikan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bintang Permata Lestari di Desa Tanjung Menang Raya, Kecamatan Mesuji Timur, Rabu (02/12/2020).

Hadir pada kesempatan itu, Direktur Pelayanan Pengaduan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Herianto, Kepala LPK Bintang Permata Lestari Laimena Nelly, Asisten Bidang Administrasi Umum Nawawi Matni, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mesuji Ripriyanto, dan Camat Mesuji Timur Tarbin Putra.

Dalam sambutannya, Bupati Saply menyambut baik keberadaan LPK Bintang Permata Lestari. Dia berharap nantinya mampu membekali, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi kerja yang terkait langsung dengan pekerjaan yang diinginkan atau sesuai kebutuhan pasar kerja bagi angkatan kerja di Kabupaten Mesuji yang pada tahun 2019 tingkat partisipasinya sebesar 68,63% dari total 99.120 angkatan kerja dan tingkat pengangguran sebesar 3,62%.

Saply menjelaskan, ketenagakerjaan erat kaitannya dengan penyediaan sumber daya manusia yang terlatih, kompeten dan berdaya saing. Terlebih saat ini, persaingan global sudah terjadi di era kemajuan teknologi informasi dan revolusi industri 4.0. Untuk itu, diperlukan program penanganan yang yang komprehensif dari hulu sampai ke hilir.

“Hulunya adalah menyediakan tenaga kerja untuk dapat memasuki pasar kerja, artinya angkatan kerja pasca pendidikan harus disiapkan kompetensinya untuk dapat
diterima oleh pasar sampai kepada penempatan. Sedangkan hilirnya adalah penanganan pasca bekerja, terutama yang bekerja di luar negeri. Diharapkan LPK ini dapat menjadi jembatan penghubung antara angkatan kerja dengan dunia kerja,” ucap Saply. (Prokompim/CS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *