Lestarikan Tradisi, Pemkab Mesuji Gelar Lomba Melebung

Category : Informasi

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-12 Kabupaten Mesuji, Pemerintah Kabupaten Mesuji menyelenggarakan berbagai acara, salah satunya lomba melebung.

Kegiatan lomba melebung ini diselenggarakan setiap tahun sebagai bagian dari rangkaian acara Festival Sungai Mesuji 2020 yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Mesuji, Wiralaga II, Kamis (19/11/2020).

Dikatakan Bupati Mesuji Saply TH, perlombaan melebung ini sebagai salah satu cara melestarikan budaya dan tradisi, khususnya masyarakat Mesuji.

“Kegiatan melebung ini tidak hanya tradisi menangkap ikan bersama, namun juga untuk menjaga silaturahmi antarmasyarakat,” jelas Saply.

Lanjutnya, melebung menjadi salah satu kearifan lokal yang kaya manfaat dan yang terpenting dari acara ini bukan hanya mendapatkan ikan yang ada di dalam lebung, melainkan adalah kegembiraan dan kemeriahan bersama-sama.

“Tradisi melebung ini harus dilestarikan kembali karena ini adalah kearifan lokal Mesuji yang diwariskan leluhur kita. Tradisi melebung ini ke depan juga berpotensi menarik wisatawan asal bisa mengemasnya dengan menarik,” ucap Saply. (Prokompim/CS)


Leave a Reply