Tingkatkan Pengelolaan BUMDes, Pemkab Mesuji Gelar Pelatihan

Category : Informasi

Bupati Mesuji Saply TH secara resmi membuka pelatihan keterampilan manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Mesuji di Balai Desa Simpang Mesuji, Selasa (08/09/2020).

Hadir pada kesempatan itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Mesuji Indra Kusuma Wijaya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mesuji Sunardi, dan Camat Simpang Pematang Mausirudin.

Dalam sambutannya, Saply mengatakan BUMDes merupakan perwujudan dari pengelolaan ekonomi produkif desa yang dilakukan secara kooperatif, partisifatif, emansipatif, transparansi, akuntabel, dan berkelanjutan.

Untuk itu, Saply menekankan perlunya upaya serius semua pihak terkait, agar pengelolaannya dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien, dan profesional dengan sistem manajemen yang baik, didukung pengelola yang harus memiliki pengetahuan dan keterampilan manajemen yang baik pula.

“Sebagaimana diamanatkan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka desa diberi kewenangan untuk mendirikan BUMDes. Hal ini juga diperkuat dengan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran BUMDes,” jelasnya.

Saply menyambut baik dengan dilaksanakan pelatihan tersebut sebagai bentuk komitmen Pemkab Mesuji untuk terus melakukan pembinaan, evaluasi, dan memberikan fasilitasi secara berkesinambungan, sehingga kualitas manajemen dan sumber daya manusia pengelola BUMDes semakin baik ke depan.

Selain itu, pihaknya juga akan terus mendorong pembentukan usaha ekonomi baru yang berakar dari sumber daya lokal melalui optimalisasi kegiatan-kegiatan ekonomi masyarakat desa yang telah ada.

“Saya berharap agar pelatihan ini bukan sekadar formalitas, namun merupakan kesempatan bagi kita semua untuk menambah wawasan dan kapasitas diri guna mencapai pengelolaan BUMDes yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (Prokompim/CS)

Foto: Hidayat


Leave a Reply