Upacara Peringatan HUT Ke-75 RI Digelar Sederhana dan Terbatas

Category : Informasi

Tak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Mesuji digelar sederhana. Upacara berlangsung di Halaman Kantor Bupati Mesuji, Wiralaga Mulya, Senin (17/08/2020), digelar secara terbatas dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan diikuti 130 peserta yang terdiri atas prajurit TNI, Polri, ASN, Satpol PP, Dishub, Damkar, guru, pelajar, pramuka, dan ormas.

Selaku inspektur upacara, yaitu Bupati Mesuji Saply TH, perwira upacara Kabag Ops Polres Mesuji Kompol Dwi Santoso, dan Komandan Upacara Kapolsek Simpang Pematang AKP Agung. Sementara itu, untuk pengibaran dilakukan tiga orang paskibraka yang merupakan anggota paskibraka tahun lalu.

Dalam amanatnya membacakan sambutan Gubernur Lampung, Bupati Saply mengatakan perayaan HUT Republik Indonesia tahun 2020 ini terasa berbeda. Momen bersejarah yang biasanya disambut penuh rasa bahagia itu kini terasa mengharu biru karena tahun ini di Indonesia khususnya Provinsi Lampung berjuang melawan pandemi.

Bencana ini menurutnya, membuat berbagai aktivitas nyaris berhenti, baik di bidang perekonomian maupun kehidupan bermasyarakat. Namun demikian, tidak lantas membuat kita semua berkecil hati dan patah semangat.

“Semua aktivitas yang biasa kita lakukan dapat dijalankan walaupun dalam kondisi terbatas, dengan adaptasi kebiasaan baru atau New Normal. Untuk itu, kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung, saya mengajak kita bersama-sama dan bekerja keras guna menyukseskan pembangunan di Provinsi Lampung, sesuai dengan bidang tugas dan keahlian yang kita miliki,” ajaknya.

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter dan perawat, serta seluruh petugas di rumah sakit, di laboratorium, di klinik-klinik kesehatan, dan di rumah isolasi, kepada tokoh masyarakat, para relawan, awak media, aparat TNI dan Polri, para ASN serta seluruh masyarakat Lampung.

“Semoga peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI, dijadikan sebagai titik awal bagi kita semua dalam meningkatkan kinerja dibidangnya masing-masing, guna melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur. Dari Lampung untuk Indonesia, demi terwujudnya Indonesia Maju – Lampung Berjaya,” pungkasnya.

Usai upacara, Bupati Saply bersama Kapolres Mesuji AKBP Alim, Ketua DPRD Mesuji Elfianah, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin, Kasi Intel Kejari Tulang Bawang Rd. Akmal, dan Perwira Penghubung Kodim 0426/TB Mayor Arh. Wahyudi mengikuti upacara detik-detik proklamasi secara virtual dengan Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka.

Sedangkan untuk upacara penurunan bendera, selaku inspektur upacara, yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin, perwira upacara Bati Tuud Koramil 426-01/Mesuji Pelda Pujo Yuhono, dan komandan upacara Pasi Personalia Kodim 0426/TB Kapten Inf. Sahroni. (Prokompim/CS)


Leave a Reply