Tumbuhkan Budaya Literasi, Dispusar Mesuji Gelar Lomba Bercerita Anak

Category : Informasi

Dalam rangka menumbuhkan budaya literasi di kalangan generasi muda, serta kecintaan terhadap budaya daerah, Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusar) Kabupaten Mesuji menyelenggarakan lomba bercerita anak bagi siswa SD/MI tingkat Kabupaten Mesuji.

Acara digelar di kantor Dispusar Kabupaten Mesuji, Selasa (23/06/2020) dan dibuka Bupati Mesuji Saply TH dan dihadiri Bunda Literasi Kabupaten Mesuji Ny. Nelli Wati Saply, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Chosiatun Syamsudin, Kepala Dispusar Kabupaten Mesuji Najmul Fikri, dan beberapa pejabat Pemkab Mesuji lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Saply mengapresiasi kegiatan tersebut, guna membudayakan kegemaran membaca kepada generasi muda, khususnya kemampuan anak dalam mengeksplorasi berbagai cerita rakyat yang berlatar budaya daerah.

“Kita ketahui bersama bahwa kebanyakan anak-anak kita lebih suka menyaksikan audio visual daripada membaca dan bercerita. Padahal kebiasaan membaca dan bercerita ini, selain mampu menambah wawasan, berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa membaca dapat melatih fungsi otak, menjernihkan pikiran, dan memperkuat daya ingat,” jelas Saply.

Lomba ini menurutnya, merupakan salah satu upaya untuk pembudayaan kegemaran membaca dan bercerita sejak dini, serta menumbuhkembangkan minat dan potensi anak di bidang seni bercerita.

“Bukan tidak mungkin, yang menjadi juara pada lomba ini mampu menjadi putra putri terbaik yang akan mengharumkan nama Kabupaten Mesuji di tingkat Provinsi Lampung hingga tingkat nasional,” ucap Saply.

Sementara itu, Bunda Literasi Kabupaten Mesuji Ny. Nelli Wati Saply mengajak para orang tua untuk meluangkan sedikit waktu setiap harinya untuk bercerita kepada anak guna menumbuhkan budaya membaca dan bercerita.

“Bercerita merupakan media komunikasi yang menjadi tradisi dari generasi ke generasi. Bercerita kepada anak merupakan salah satu metode pembelajaran yang ampuh untuk menanam dan menumbuhkan kepribadian anak sejak dini. Budaya bercerita atau bertutur ini merupakan budaya bangsa kita dari generasi ke generasi yang mesti kita lestarikan,” ungkap Nelli Wati Saply.

Kepala Dispusar Kabupaten Mesuji Najmul Fikri mengatakan, bahwa lomba bercerita ini merupakan agenda tahunan yang diikuti peserta perwakilan dari masing-masing kecamatan yang terlebih dahulu melalui seleksi. Selain lomba bercerita, juga ditampilkan pertunjukan seni dari siswa-siswa SLB Negeri Mesuji.

“Lomba ini diikuti tujuh peserta yang mewakili masing-masing kecamatan. Tampil sebagai juara pertama yakni Fanisa Aprilia Azizah dari SD N 17 Tanjung Raya, juara II diraih Hafizh Lutfhi Harel dari SD N 2 Way Serdang, dan juara III diraih Ni’matus Siriah dari SD N 7 Mesuji,” terang Najmul. (Prokompim/CS)


Leave a Reply