Syamsudin Resmi Jabat Sekda Mesuji Definitif

Category : Informasi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji Syamsudin akhirnya resmi menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mesuji, setelah selama satu tahun, tujuh bulan terjadi kekosongan jabatan definitif Sekda.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan Sekda dilakukan oleh Bupati Mesuji Saply TH di rumah dinas Bupati Mesuji, Kamis (04/06/2020) serta dihadiri oleh Kapolres Mesuji AKBP Alim, Kasi Intel Kejari Tulang Bawang Rd. Akmal, Danramil 426-01/Mesuji Mayor Kav. Chairul, dan beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mesuji.

Adapun pelantikan ini didasarkan atas Surat Keputusan Bupati Mesuji Nomor: 821/645/V.03/KPTS/MSJ/2020 tentang Pengangkatan Pejabat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mesuji.

Dalam sambutannya, Bupati Saply mengatakan bahwa penetapan Syamsudin sebagai sekda telah melalui proses seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Pemerintah Kabupaten Mesuji yang dilakukan beberapa waktu lalu dengan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Perlu saya sampaikan bahwa jabatan sekda memiliki peran yang vital dalam membantu kepala daerah menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis, dan unit pelaksana lainnya.

“Dengan demikian, maka seorang sekda sesungguhnya merupakan motor penggerak organisasi pemerintahan daerah. Untuk itu, kepada Saudara Syamsudin, saya minta agar dapat menjalankan peran dan fungsinya tersebut,” pesan Saply.

Menurutnya, selain harus mampu mengemban seluruh aktivitas maupun tugas-tugas administratif, seorang sekda harus terus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi daerah, serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara produktif, kepada seluruh institusi, baik internal maupun eksternal.

“Kita sepenuhnya harus menyadari bahwa tantangan tugas-tugas Pemerintah Kabupaten Mesuji di hari-hari mendatang akan semakin berat, terutama untuk memenuhi tuntutan dan harapan masyarakat,” ujar Saply.

Terakhir, Saply berpesan agar kepercayaan yang telah diberikan ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya, serta selalu memberikan teladan bagi Aparatur Sipil Negara lainnya.

“Pelantikan pada hari ini hendaknya dimaknai sebagai momentum langkah awal untuk memulai pelaksanaan tugas pemerintah daerah yang lebih baik, khususnya untuk menjalankan pelayanan yang tetap prima selama masa “Kenormalan Baru” ini,” tutupnya. (Prokompim/CS)


Leave a Reply