Musrenbang RKPD Mesuji 2021 Akan Digelar via Konferensi Video

Category : Informasi

Meski di tengah pandemi Covid-19, tidak menghalangi Pemerintah Kabupaten Mesuji untuk melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021. Namun, kali ini Musrenbang tidak dilakukan dengan pertemuan berskala besar seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Kabid Bina Program dan Pendanaan Pembangunan Bappeda Kabupaten Mesuji Eka Apriyanto menjelaskan, Musrenbang RKPD merupakan agenda tahunan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Namun, dengan kebijakan pembatasan pertemuan dan pembatasan fisik guna mengurangi persebaran Covid-19 oleh Pemerintah, kegiatan tersebut dialihkan secara daring melalui video konferensi.

Lanjutnya, Musrenbang RKPD rencananya akan diikuti oleh sekitar 70 peserta yang terdiri atas Pemprov Lampung, Forkopimda Plus Kabupaten Mesuji, kepala OPD, perwakilan kecamatan, dan lain-lain.

“Atas arahan dari Pemerintah Provinsi Lampung, Musrenbang RKPD Kabupaten Mesuji tahun ini dilaksanakan melalui video konferensi pada 15 April 2020. Kami telah melakukan uji coba video konferensi, hanya terkendala jaringan untuk Kecamatan Rawa Jitu Utara. Dia berharap pada pelaksanaan nanti tidak terjadi gangguan sehingga dapat berjalan dengan lancar,” terang Eka di kantornya, Senin (13/04/2020).

Seperti diketahui, penyelenggaraan Musrenbang RKPD ini merupakan tindak lanjut dari hasil Musrenbang tingkat kecamatan di Kabupaten Mesuji yang telah dilaksanakan pada tanggal 17 Februari – 3 Maret 2020. Pada tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Mesuji mengambil tema pembangunan: “Infrastruktur yang Berkelanjutan dan Pembangunan Perekonomian Masyarakat melalui Pemberdayaan Masyarakat yang Bertumpu pada Peningkatan Produksi Pertanian dan Nilai Tambah”. (Prokompim/CS)


Leave a Reply