Sukses Eliminasi Malaria, Kabupaten Mesuji Terima Sertifikat dari Kemenkes RI

Category : Uncategorized

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memberikan sertifikat eliminiasi malaria bagi Kabupaten Mesuji. Sertifikat tersebut diberikan atas kesuksesan Pemerintah Kabupaten Mesuji mengeliminasi malaria di wilayahnya.

Sertifikat diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn.) Terawan Agus Putranto kepada Bupati Mesuji Saply TH pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Kesehatan Nasional Tahun 2020 di JIExpo Convention Center and Theater Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Bupati Saply mengaku bangga atas prestasi ini. Pemberian sertifikat tersebut merupakan bentuk apresiasi Pemerintah melalui Kemenkes RI kepada Pemkab Mesuji yang berdasarkan kajian tim penilai eliminasi malaria dari Komisi Penilaian Eliminasi Kemenkes RI berhasil mengeliminasi penyakit malaria di Kabupaten Mesuji.

“Tentu saja kami sangat bangga atas raihan prestasi ini. Ini merupakan hasil kerja keras jajaran Pemkab Mesuji dan masyarakat untuk mewujudkan Mesuji yang bebas malaria,” kata Saply usai menerima sertifikat.

Dikatakannya, ada beberapa hal yang menjadi indikator penilaian, seperti adanya regulasi pemerintah daerah tentang eliminasi malaria, kemudian data Anual Parasite Incidence (API), yaitu angka kejadian malaria per 1.000 penduduk di bawah 1, serta tidak ditemukan kasus Malaria Indegenious (penularan setempat) selama tiga tahun berturut-turut, dan sejumlah indikator lainnya.

“Tentu saja ini akan semakin memotivasi kami untuk berupaya lebih baik lagi untuk semakin meningkatkan segala upaya pencegahan dan kewaspadaan dini terhadap penyakit malaria di masyarakat sehingga masyarakat Kabupaten Mesuji akan semakin terlindungi dari penyebaran penyakit malaria,” tutup Saply.

Selain Kabupaten Mesuji, pada kesempatan yang sama Kemenkes RI juga menyerahkan sertifikat yang sama kepada Kota Sawahlunto, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Purbalingga. (Prokompim/CS)


Leave a Reply