You cannot copy content of this page

Kumpulkan Dokumentasi Sejarah, Pemkab Mesuji Jajaki Kerjasama dengan KITLV Jakarta

Category : Uncategorized

Dalam rangka pengumpulan dokumentasi sejarah Mesuji, Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menjajaki kerjasama dengan Koninklijk Institut voor Taal-, Land-en Volkenkunde (KITLV).

KITLV merupakan lembaga ilmiah yang terafiliasi dengan Universitas Leiden yang berdiri tahun 1851, yang bergerak di bidang penelitian ilmu antropologi, ilmu bahasa, ilmu sosial, dan ilmu sejarah untuk wilayah Asia Tenggara, Oseania, dan Karibia yang memiliki koleksi lengkap buku-buku, naskah-naskah manuskrip, dan bentuk dokumentasi lainnya. Di Indonesia sendiri, KITLV memiliki kantor cabang yang berada di Kantor Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, Jakarta.

Dalam kunjungannya ke Kantor KITLV Jakarta, Kasubbag Informasi, Dokumentasi, dan Publikasi Bagian Humas dan Protokol Setdakab Mesuji Tintony Rizan Ghani secara khusus menyampaikan permohonan kerjasama tersebut dan diterima oleh Office Manager KITLV Jakarta Isye Siti Aisyah, Selasa (15/10/2019) lalu.

Dikatakan Tintony, latar belakang pengumpulan dokumentasi sejarah ini dimaksudkan untuk menambah perbendaharaan arsip sejarah yang dimiliki serta menambah pengetahuan terhadap sejarah Mesuji, baik selama masa kolonial dan pascakemerdekaan, maka Pemkab Mesuji berupaya menggali dan mengumpulkan berbagai informasi terkait sejarah Mesuji.

Namun dalam perjalanannya, Pemkab Mesuji menghadapi kesulitan dalam pengumpulan informasi sejarah karena minimnya sumber data yang didapatkan sejauh ini.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, Pemkab Mesuji mengajukan permohonan kerjasama dengan KITLV Jakarta dalam hal pengumpulan dokumentasi sejarah Mesuji.

“Saya kira KITLV merupakan sumber rujukan yang tepat karena memang lembaga ini memiliki koleksi dokumentasi sejarah yang lengkap terkait bangsa ini, baik selama masa kolonial dan pascakemerdekaan. Mereka pun menyambut baik dengan usulan kerjasama ini,” ucapnya.

Dalam kunjungan itu, Tintony mengatakan, jika kerjasama ini terwujud, maka Pemkab Mesuji akan menjadi Pemerintah Daerah pertama yang bekerjasama dengan KITLV Jakarta dalam hal Pengumpulan Dokumentasi Sejarah.

Lanjutnya, pihaknya ke depan juga akan menjajakai kerjasama dengan lembaga-lembaga lainnya yang berhubungan kesejarahan.

“Beberapa waktu lalu saya menemukan koleksi benda sejarah dari Mesuji berupa kalung manik-manik dan kini tersimpan di Troppen Museum di Amsterdam, Belanda. Tidak menutup kemungkinan semakin banyak benda dan dokumentasi sejarah yang bisa kita temukan nantinya,” terangnya. (Humas/CS)


Leave a Reply