Pemerintah Kabupaten Mesuji mengawali rangkaian kegiatan Safari Ramadan 1440 Hijriah di Masjid Attaqwa, Desa Eka Mulya, Kecamatan Mesuji Timur, Senin (13/05/2019). Hadir pada kesempatan itu, Plt Bupati Mesuji Saply TH, Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo, Kepala Kantor Kemenag Mesuji Sanusi, Wakil Ketua Pengadilan Agama Mesuji Abdurrahman, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Indra Kusuma Wijaya, beserta jajaran pejabat Pemkab Mesuji.
Pada kegiatan tersebut, juga diserahkan bantuan bantuan genset, speaker pengeras suara, karpet masjid, dan alquran, serta menyerahkan sebanyak 22.361 kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan untuk Kecamatan Mesuji Timur. Usai penyerahan bantuan, acara dilanjutkan dengan penyampaian tausiah dari ustaz KH Asnawi.
Kegiatan Safari Ramadan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh unsur Pemerintahan Daerah Kabupaten Mesuji, baik Pemerintah Kabupaten Mesuji, DPRD Kabupaten Mesuji, beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Mesuji.
Tahun ini, kegiatan Safari Ramadan dilaksanakan oleh satu tim yang diketuai oleh Plt Bupati Mesuji dan akan berkeliling di tujuh kecamatan se-Kabupaten Mesuji. Selain menyemarakkan syiar di bulan suci Ramadan, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat.
Dalam sambutannya, Saply mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai ibadah puasa sebagai wahana pengendalian diri. Berpuasa menurutnya, salah satu latihan untuk menahan emosi dan perilaku negatif karena dalam berpuasa seseorang dikondisikan untuk hidup sehat, ikhlas, sabar, taat, berdisiplin, tolong-menolong, dan menebar kasih sayang kepada sesama.
“Melalui kegiatan Safari Ramadan ini mudah-mudahan akan terbangun rasa persaudaraan dan kebersamaan antara unsur Pemerintahan Kabupaten Mesuji, dengan para para alim ulama, tokoh masyarakat, dan juga seluruh komponen masyarakat khususnya di bulan suci ini. Semoga di bulan penuh rahmat ini kita senantiasa diberikan kesehatan dan kemampuan untuk menunaikan ibadah puasa dan amalan ibadah lainnya secara sempurna, serta diterima semua amalan ibadah kita,” ucap Saply. (Humas Mesuji/CS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *