Umat Hindu di Kabupaten Mesuji menggelar upacara melasti menyambut hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941. Pelaksanaan upacara melasti digelar di Pura Segare, Way Serdang, Senin (04/03/2019).

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mesuji I Komang Sutiaka mengatakan, upacara melasti ini merupakan salah satu rangkaian acara untuk menyambut datangnya hari raya Nyepi.

Upacara melasti ini menurutnya bertujuan untuk membersihkan buana alit dan buana agung dari segala kekotoran. Diharapkan setiap hati umat menjadi bersih sebelum pelaksanaan Nyepi nanti.

Dijelaskan Komang lagi, setelah upacara melasti, selanjutnya pada 6 Maret 2019 akan digelar upacara Tawur Agung Kesanga yang akan diwarnai dengan pengarakan ogoh-ogoh, dan pelaksanaan Catur Bratha Nyepi pada keesokan harinya.

“Upacara melasti di Mesuji hari ini dipusatkan di Way Serdang. Setelah ini rangakaian upacara berikutnya adalah upacara tawur agung kesanga dan pawai ogoh-ogoh yang akan diramaikan di beberapa lokasi, yaitu di Desa Bukoposo, Gedung Ram, dan Margo Jadi,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *