Pemkab Mesuji Jalin Kerjasama dengan Kodim 0426/TB dan Polres Mesuji

Pemerintah Kabupaten Mesuji menjalin kerjasama dengan Kodim 0426/Tulang Bawang dan Polres Mesuji dalam pembinaan keamanan, ketertiban, dan ketenteraman masyarakat dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan tugas pemerintahan serta pembangunan desa dan Kabupaten Mesuji. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bupati Mesuji Khamami, Dandim 0426/Tulang Bawang, dan Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo di Gedung Serba Guna Taman Kehati, Mekar Jaya, Rabu (23/05/2018).

Adapun kerjasama yang tertuang dalam Nota Kesepahaman kerjasama ini, meliputi pembinaan sistem keamanan, ketertiban, dan ketenteraman lingkungan, pembinaan generasi muda, pencegahan peredaran senjata api ilegal, senjata tajam, dan penyalahgunaan narkoba, karya bakti, serta dukungan terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang berbasis di desa.

Pemkab Mesuji tahun ini menyalurkan Dana Desa sebesar Rp 87 milyar dan Alokasi Dana Desa sebesar Rp 47,6 milyar ke 105 desa. Bupati Khamami mengingatkan kepada seluruh kepala desa agar selalu melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam setiap musyawarah desa dan pelaksanaan pembangunan di desa. Untuk menunjang tugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas di desa akan diberikan tunjangan sebesar Rp 1 juta per bulan.

“Saya berharap dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman ini semakin meningkatkan sinergitas antara Pemkab Mesuji, Kodim 0426/Tulang Bawang, dan Polres Mesuji khususnya dalam rangka mendukung pembangunan di Kabupaten Mesuji,” ujar Khamami.

Usai penandatanganan Nota Kesepahaman dilanjutkan dengan sosialisasi Peraturan Bupati Mesuji Nomor 8 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Mesuji Nomor 15 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Keamanan, Ketertiban, dan Ketenteraman Masyarakat dan Peraturan Bupati Mesuji Nomor 24 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa dan dihadiri oleh seluruh kepala desa, sekretaris desa, bendahara, tim pengelola kegiatan, tim pendamping desa, dan tim pendamping lokal desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *