Peringati Harkitnas, Wabup Mesuji Ajak Manfaatkan Peluang di Era Digital

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mesuji berlangsung khidmat di halaman Kantor Pemkab Mesuji, Wiralaga Mulya, Senin (21/05/2018). Peringatan harkitnas tahun ini mengambil tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional di Era Digital”.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Mesuji Saply selaku inspektur upacara (irup) saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan peringatan harkitnas dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati kebangkitan semangat nasionalisme warga bangsa, persatuan, kesatuan dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang ditandai dengan lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

“Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertama kali menyadari pentingya persatuan dan kesatuan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan,” ucapnya.

Peringatan Harkitnas ini menurutnya, harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang di era digital ini. Digitalisasi di berbagai bidang saat ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama, akan menjadi berkah jika mampu menaklukannya.

“Oleh sebab itu, mari bersama-sama kita jauhkan dunia digital dari anasir-anasir pemecah-belah dan konten-konten negatif agar anak-anak kita bebas berkreasi, bersilaturahmi, berekspresi, dan mendapatkan manfaat darinya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *