Pelajari Pengembangan Wilayah, Ratusan Mahasiswa IPB Kunjungi Mesuji

Ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) mengunjungi Kabupaten Mesuji, Senin (15/01/2018). Rombongan disambut oleh Bupati Mesuji Khamami di rumah dinasnya, didampingi Wakil Bupati Mesuji Saply, Sekretaris Daerah Ir. Rizal Fauzi, dan beberapa pejabat di lingkup Pemkab Mesuji.

Ketua rombongan IPB Dr. Ir. Baba Barus, M.Sc. mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan kunjungan lapangan dalam rangka peningkatan ilmu dan pengetahuan mahasiswa khususnya berkaitan dengan fakta lapangan. Selain mahasiswa, dalam rombongan yang berjumlah sekitar 109 orang itu turut serta Wakil Dekan Fakultas Pertanian IPB Dr. Ir. Suwardi, M.Agr. dan para dosen Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan.

“Kunjungan lapangan ini berkaitan dengan pengembangan wilayah, perencanaan tata ruang, dan penatagunaan lahan. Oleh karena itu, mahasiswa kami ingin berdiskusi langsung di lapangan khususnya terkait Mesuji sebagai kabupaten baru dan pengembangan Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) Mesuji,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Khamami mengatakan bahwa kunjungan dari IPB ini merupakan sebuah kehormatan tersendiri bagi Kabupaten Mesuji. Lanjutnya, di Kabupaten Mesuji terdapat Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) Mesuji yang dibentuk dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: KEP.220/MEN/V/2007 tentang Penetapan Kawasan Pembangunan dan Pengembangan Kota Terpadu Mandiri Tahun 2007 dan Perda Nomor 4 Tahun 2016 tentang Kawasan Terpadu Mandiri.

KTM Mesuji memiliki luas 46.560 Ha, wilayahnya mencakup tiga kecamatan dan 39 desa dengan kondisi tanah rawa gambut pasang surut. KTM Mesuji merupakan salah satu KTM yang terbaik menurut Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, serta menjadi salah satu dari 20 KTM prioritas Pemerintah.

“Semoga melalui kesempatan ini semakin mempererat hubungan kerjasama dan silaturahmi antara Pemkab Mesuji dan Institut Pertanian Bogor, dan harapan kami dapat berlanjut pada kerjasama-kerjasama lainnya pada masa yang akan datang. Saran dan bantuan dari Institut Pertanian Bogor sangat kami nantikan dalam rangka pembangunan di Kabupaten Mesuji,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top