Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2017 Digelar Polres Mesuji

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2017 digelar Polres Mesuji di Lapangan Utama Polres Mesuji, Wirabangun, Kamis (21/12/2017) dalam rangka pengamanan hari raya Natal dan tahun baru 2018. Dalam apel tersebut Kapolres Mesuji AKBP Prianto Teguh Nugroho, bertindak selaku inspektur dan diikuti sekitar 150 peserta yang terdiri atas TNI AD, Satlantas, Sabhara, Intelkam, Satuan Polisi Pamong Praja, pemadam kebakaran, dinas perhubungan, dan Sentra Komunikasi (senkom) Mitra Polri.

Operasi Lilin 2017 dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018. Operasi ini melibatkan setidaknya  170.304 personil yang terdiri atas 90.057 personil Polri, 20.070 personil TNI, dan 60.177 pesonil dari instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya.

Dalam arahannya, Kapolres Mesuji mengatakan apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka pengecekan terakhir terhadap kesiapan seluruh personil pengamanan berikut perlengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Beberapa ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang perlu diantisipasi adalah masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga keburuhan pokok, serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan Natal seperti aksi sweepping oleh ormas,” ucapnya.

Apel turut dihadiri oleh Wakil Bupati Mesuji Saply, Danramil 426-01/Mesuji Mayor Arm I Ketut Subangga, Kasat Pol PP Kabupaten Mesuji Mahyudin Pulungan, dan Ketua Senkom Kabupaten Mesuji Suyadi. Usai apel, rombongan meninjau ruang pemantauan CCTV yang dipasang di jalan lintas timur Kabupaten Mesuji guna memantau wilayah yang berpotensi rawan kemacetan dan tindak kejahatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *