Buka FGD Mesuji Dalam Angka 2017, Sekda Minta OPD Sediakan Data Tepat dan Akurat

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mesuji Rizal Fauzi, Rabu (01/11/2017) membuka Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan Mesuji Dalam Angka Tahun 2017 yang bertempat di Aula Pemkab Mesuji, Brabasan.

Dalam sambutannya, Sekda mengapresiasi kegiatan FGD Mesuji Dalam Angka 2017 yang baru pertama kali digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mesuji dengan mengambil tema: “Satu Data untuk Mencapai Pembangunan yang Lebih Baik”. Hal ini menurutnya sebuah langkah maju, dalam upaya pengumpulan data statistik di Kabupaten Mesuji yang lebih baik.

“Data sangat berpengaruh dalam menentukan arah kebijakan pembangunan serta evaluasi terhadap hal-hal yang perlu diperbaiki. Data yang berkualitas akan menjadikan Pemerintah semakin cerdas dalam membuat perencanaan pembangunan di berbagai sektor. Untuk itu, saya berharap dalam kegiatan ini nantinya akan memberikan hasil berupa data yang berkualitas agar tujuan FGD tercapai sesuai harapan,” ucapnya.

Menyikapi hal tersebut, Sekda minta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar dapat bekerjasama dengan BPS sehingga dalam penyusunan Mesuji Dalam Angka dapat menyajikan data yang berkualitas. Untuk itu, diperlukan kesadaran setiap OPD dalam hal penyediaan data secara tepat dan akurat. FGD ini menurutnya sangat penting terutama dalam membangun sinergitas, tidak sebatas koordinasi mengenai data, melainkan sharing yang berkaitan dengan pemahaman akan manfaat data dalam segala aspek pembangunan.

“Pentingnya data statistik dalam penggunaannya di berbagai aspek membuat keakuratan data tersebut menjadi sangat urgen. Data statistik juga menjadi salah satu acuan dalam setiap proses perumusan kebijakan. Dengan keabsahan data yang ada, maka tingkat pencapaian dari keberhasilan suatu kebijakan akan semakin tinggi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *