LKPP Dukung Pembangunan Swakelola ala Bupati Khamami

Pembangunan secara swakelola yang dilakukan Bupati Mesuji, Khamami menuai pujian dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Hal itu terungkap saat Bupati Khamami menyambangi kantor LKPP di Jakarta, Rabu (11/10/2017) dalam rangka konsultasi pembangunan jalan rigid beton secara swakelola yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Mesuji pada tahun anggaran 2018.

Pada kesempatan itu, Bupati Khamami langsung diterima oleh Direktur Advokasi dan Penyelesaian Sanggah Wilayah I LKPP, Yulianto Prihandoyo. Menurut Yulianto pembangunan secara swakelola tersebut merupakan langkah inovatif dalam rangka efisiensi dan efektivitas anggaran, terlebih Kabupaten Mesuji merupakan kabupaten baru yang sedang membangun.

“Pembangunan swakelola secara hukum telah diatur melalui Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah pada Pasal 3 dan 26. Langkah ini saya dukung guna efektivitas dan efiensi anggaran yang ada sehingga pembangunan dapat berjalan secara maksimal. Namun, dalam pelaksanaannya perlu memperhatikan petunjuk teknis yang berlaku,” ujar Yulianto.

Dia mencontohkan selama ini pembangunan secara swakelola pernah dilakukan oleh Bapak Joko Widodo selama masih menjabat Gubernur DKI dalam pembangunan Waduk Pluit dan menuai banyak pujian karena berjalan sukses.

Sementara itu, Bupati Mesuji mengatakan selama ini Pemerintah Kabupaten Mesuji banyak melakukan pembangunan secara swakelola guna mensiasati keterbatasan keuangan yang ada dengan permasalahan yang cukup banyak, khususnya pembangunan infrastruktur jalan.

Dikatakannya, saat ini Pemkab Mesuji memiliki alat berat yang memadai dan lengkap, mulai dari excavator, roller vibro, motor grader, backhoe loader, mixer truck, dump truck, mobile crane, dan lain sebagainya. Hal ini menurutnya selain untuk menghemat anggaran, juga penanganan dapat lebih cepat dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *